50 Formula dalam Microsoft Excel (UPDATE)




Halo Sobat PengetahuanComp.. Kali ini saya Selaku admin (songong) :D membuat postingan tentang "50 Formula dalam Microsoft Excel". Semoga Bermanfaat ya sob...

ABS
Fungsi ini menghitung nilai angka, apakah itu positif atau negatif.Syntax : =ABS(Cell Adress atau Number)

ADDRESS
Fungsi ini menciptakan referensi sel sebagai bagian dari teks, berdasarkan baris dan kolomnomor yang diberikan oleh pengguna.
Jenis fungsi ini digunakan bukan pada lembar kerja yangsebenarnya.
Syntax : =ADDRESS(RowNumber,ColNumber,Absolute,A1orR1C1,SheetName)

AND
Fungsi ini berfungsi menguji dua atau lebih kondisi untuk melihat apakah semua benar.
Fungsi inidapat digunakan untuk menguji bahwa serangkaian nomor memenuhi kondisi tertentu, maupun
untuk menguji bahwa nomor atau tanggal jatuh antara batas atas dan bawah.Syntax : =AND(Test1,Test2)

AREAS
Fungsi ini berfungsi menguji range untuk menentukan apakah itu adalah sebuah blok data tunggal,ataukah itu adalah multiple selection Jika satu blok hasilnya akan 1, jika multiple block hasilnya akanmenjadi sejumlah
range yang dipilih.
Syntax : =AREAS(RangeToTest)

AVERAGE
Fungsi ini menghitung rata-rata dari daftar nomor.
Jika sel kosong atau berisi teks, sel tidak akandigunakan dalam perhitungan rata-rata. Jika sel yang berisi nol , sel akan dimasukkan dalamperhitungan rata-rata.
Syntax : =AVERAGE(Range1,Range2,Range3... through to Range30)

BIN2DEC
Fungsi ini mengubah bilangan biner ke desimal. Angka negatif diwakili menggunakan notasi two's-complement.Syntax : =BIN2DEC(BinaryNumber)Ket. : Bilangan biner memiliki batas sepuluh karakter.

CEILING
Fungsi ini membulatkan sebuah bilangan ke kelipatan terdekat yang ditentukan oleh pengguna.Syntax : =CEILING(ValueToRound,MultipleToRoundUpTo)Ket. : ValueToRound dapat menjadi alamat sel atau perhitungan.

CELL
Fungsi ini berfungsi untuk memeriksa cell dan menunjukkan informasi tentang
content , position dan formatting.
Syntax : =CELL("TypeOfInfoRequired",CellToTest)Ket. : TypeOfInfoRequired adalah entri teks yang harus dikelilingi dengan tanda kutip (".....")

CHAR
Fungsi ini mengkonversi angka normal dengan karakter yang mewakili karakter ANSI yang diatur olehWindows.Syntax : =CHAR(Number)Ket. : Nomor harus antara 1 dan 255.

CHOOSE
Fungsi ini mengambil dari daftar pilihan berdasarkan nilai Indeks diberikan oleh pengguna.Syntax : =CHOOSE(UserValue, Item1, Item2, Item3 through to Item29)

CLEAN
Fungsi ini menghapus setiap karakter yang tidak dapat dicetak dari teks. Karakter-karakter yang tidak dapat dicetak sering ditemukan dalam data yang telah diimpor dari sistem lain seperti database dari mainframe
.Syntax : =CLEAN(TextToBeCleaned)

CODE
Fungsi ini menunjukkan nilai ANSI dari karakter tunggal, atau karakter pertama dalamsepotong teks. Set karakter ANSI digunakan oleh Windows untuk mengidentifikasi masing-masing karakter keyboard dengan menggunakan nomor unik. Ada 255 karakter dalamkumpulan ANSI.
Syntax : =CODE(Text)

COMBIN
Fungsi ini menghitung jumlah tertinggi kombinasi yang tersedia berdasarkan jumlah tetap item.Urutan internal kombinasi tidak masalah, sehingga AB adalah sama dengan BA.Syntax : =COMBIN(HowManyItems,GroupSize)

CONCATENAT
Fungsi ini menggabungkan bagian yang terpisah dari teks ke satu item.Syntax : =CONCATENATE(Text1,Text2,Text3...Text30)

COVERT
Fungsi ini mengubah ukuran nilai dalam satu jenis unit, dengan nilai yang sama dinyatakandalam jenis unit yang berbeda, seperti inci untuk sentimeter.Syntax : =CONVERT(AmountToConvert,UnitToConvertFrom,UnitToConvertTo)

CORREL
Fungsi ini memeriksa dua set data untuk menentukan tingkatan hubungan antara duahimpunan. Hasilnya akan menjadi desimal antara 0 dan 1. Semakin besar hasilnya, semakinbesar korelasi.Syntax : =CORREL(Range1,Range2)

COUNT
Fungsi ini menghitung jumlah entri numerik dalam daftar. Fungsi ini akan mengabaikankekosongan, teks dan kesalahan.Syntax : =COUNT(Range1,Range2,Range3... through to Range30)

COUNTA
Secara umum fungsi ini sama dengan fungsi COUNT, fungsi ini akan menghitung jumlah entrinumerik atau teks dalam daftar. Fungsi ini akan mengabaikan kekosongan.Syntax : =COUNTA(Range1,Range2,Range3... through to Range30)

COUNTBLANK
Fungsi ini menghitung jumlah sel-sel kosong dalam suatu range.Syntax : =COUNTBLANK(RangeToTest)

COUNTIF
Fungsi ini menghitung jumlah barang yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan olehpengguna.Syntax : =COUNTIF(RangeOfThingsToBeCounted,CriteriaToBeMatched)

DATE
Fungsi ini menciptakan tanggal yang sesungguhnya dengan menggunakan tiga angka biasayang diketik ke dalam sel yang terpisah.Syntax : =DATE(year,month,day)Ket : Hasilnya biasanya akan ditampilkan dalam format dd/mm/yy. Dengan menggunakanFormat, Cells, Number, format perintah tanggal dapat diubah.

DATEIF
Fungsi ini menghitung perbedaan antara dua tanggal, bulan, maupun tahun.Syntax : =DATEDIF(FirstDate,SecondDate,"Interval")Ket. : "Interval": Ini menunjukkan apa yang Anda ingin hitung.Ini adalah interval yang tersedia.
“d”= Hari antara dua tanggal.
“m”= Bulan antara dua tanggal.
“y”= Tahun antara dua tanggal.
“yd”= Hari antara suatu tanggal, jika tanggal berada di tahun yang sama.
“ym”= Bulan antara suatu tanggal, jika tanggal berada di tahun yang sama.
“md”= Hari antara dua tanggal, jika tanggal berada di bulan dan tahun yang sama.

DATEVALUE
Fungsi ini digunakan untuk mengkonversi sepotong teks ke dalam tanggal yang dapatdigunakan dalam penghitungan.Syntax : =DATEVALUE(text)

DAVERAGE
Fungsi ini memeriksa daftar informasi, produksi dan rata-rata.Syntax : =DAVERAGE(DatabaseRange,FieldName,CriteriaRange)

DAY
Fungsi ini menghasilkan hari dari suatu bulan dari tanggal yang lengkap.Syntax : =DAY(value)

DAYS360
Fungsi ini menunjukkan jumlah hari antara dua tanggal didasarkan pada 360-hari dalam satutahun (twelve 30-day months).Syntax : =DAYS360(StartDate,EndDate,TRUE of FALSE)Ket. : TRUE : Digunakan untuk sistem akuntansi Eropa.FALSE : Digunakan untuk sistem akuntansi Amerika.

DB
Fungsi ini menghitung penyusutan berdasarkan persentase tetap.Syntax : =DB(PurchasePrice,SalvageValue,Life,PeriodToCalculate,FirstYearMonth)

DCOUNT
Fungsi ini memeriksa daftar informasi dan menghitung nilai-nilai dalam kolom tertentu. Fungsiini hanya bisa menghitung nilai-nilai, item teks dan sel-sel kosong diabaikan.Syntax : =DCOUNT(DatabaseRange,FieldName,CriteriaRange)

DCOUNTA
Fungsi ini memeriksa daftar informasi dan menghitung sel-sel kosong dalam kolom tertentu.Fungsi ini menghitung nilai dan item teks, tetapi sel-sel kosong akan diabaikan.Syntax : =DCOUNTA(DatabaseRange,FieldName,CriteriaRange)

DEC2BIN
Fungsi ini mengubah angka desimal ke biner yang setara. Fungsi ini hanya dapat mengatasidesimal mulai dari -512 sampai 511. Hasilnya dapat diisi dengan awalan 0, meskipun hal inidiabaikan untuk negatif.Syntax : =DEC2BIN(DecimalNumber,PlacesToPad)

DEC2HEX
Fungsi ini mengubah angka desimal ke heksadesimal yang setara. Fungsi ini hanya dapatmengatasi desimal mulai dari -549.755.813.888 ke 549755813887. Hasilnya dapat diisi denganawalan nol, meskipun hal ini diabaikan untuk negatif.Syntax : =DEC2HEX(DecimalNumber,PlacesToPad)

DELTA
Fungsi ini membandingkan dua nilai dan tes apakah mereka persis sama. Jika nomor yangsama hasilnya akan 1, jika tidak hasilnya adalah 0. Ini hanya bekerja dengan angka, nilai teksmenghasilkan hasil dari #VALUE.Syntax : =DELTA(FirstNumber,SecondNumber)

DGET
Fungsi ini memeriksa daftar informasi dan menghasilkan satu hasil. Jika lebih dari satu catatanyang sesuai dengan kriteria kesalahan, #NUM ditampilkan. Jika tidak ada catatan yang sesuaidengan kriteria kesalahan, #VALUE ditampilkan.Syntax : =DGET(DatabaseRange,FieldName,CriteriaRange)

DMAX
Fungsi ini memeriksa daftar informasi dan menghasilkan nilai terbesar dari sebuah kolomtertentu.Syntax : =DMAX(DatabaseRange,FieldName,CriteriaRange)

DMIN
Fungsi ini memeriksa daftar informasi dan menghasilkan nilai terkecil dari suatu kolomtertentu.Syntax : =DMIN(DatabaseRange,FieldName,CriteriaRange)

DOLLA
RFungsi ini mengubah angka ke dalam sepotong teks yang diformat sebagai mata uang.Syntax : =DOLLAR(Number,DecimalPlaces)Ket. : Number: Ini adalah jumlah yang harus dikonversi.DecimalPlaces: Ini adalah jumlah desimal yang dibutuhkan dalam jumlah dikonversi.

DSUM
Fungsi ini memeriksa daftar informasi dan menghasilkan nilai total.Syntax : =DSUM(DatabaseRange,FieldName,CriteriaRange)

EDATE
Fungsi ini digunakan untuk menghitung tanggal tertentu dari sejumlah bulan-bulan di masa laluatau tanggal dengan menggunakan Format, Cells, Number, perintah Date.Syntax : =EDATE(StartDate,Months)

EOMONTH
Fungsi ini akan menunjukkan hari terakhir dari bulan yang merupakan jumlah tertentu bulansebelum atau setelah tanggal tertentu.Syntax : =EOMONTH(StartDate,Months)

ERROR.TYPE
Fungsi ini akan menampilkan nomor yang sesuai dengan kesalahan yang dihasilkan olehsebuah formula.Syntax : =ERROR.TYPE(Error)

EVEN
Fungsi ini merubah angka menjadi jumlah terdekat dari keseluruhan.Syntax : =EVEN(Number)

EXAC
TFungsi ini membandingkan dua item teks dan menentukan apakah mereka persis sama.Syntax : =EXACT(Text1,Text2)

FACT
Fungsi ini menghitung faktorial dari suatu bilangan. Faktorial dihitung sebagai 1 * 2 * 3 * 4 ..dll. Faktorial dari 5 dihitung sebagai 1 * 2 * 3 * 4 * 5, yang menghasilkan 120. Pecahandesimal dari nomor diabaikan.Syntax : =FACT(Number)

FIXED
Fungsi ini mengubah nilai numerik ke teks. Selama konversi nilai dapat dibulatkan ke nomortertentu tempat desimal, dan koma dapat dimasukkan di bagian 1,000.Syntax : =FIXED(NumberToConvert,DecimalPlaces,Commas)

FLOOR
Fungsi ini nilai mengubah ke kelipatan terdekat ditentukan oleh pengguna.Syntax : =FLOOR(NumberToRound,SignificantValue)

HEX2DEC
Fungsi ini mengubah nomor heksadesimal ke desimal biasa.Syntax : =HEX2DEC(HexaDecimalNumber)

HLOOKUP
Fungsi ini memindai di seluruh judul kolom di bagian atas tabel untuk menemukan itemtertentu.Syntax : =HLOOKUP(ItemToFind,RangeToLookIn,RowToPickFrom,SortedOrUnsorted)

HOUR
Fungsi ini akan menunjukkan jam pada hari berdasarkan waktu atau nomor.Syntax : =HOUR(Number)

IF
Fungsi ini berfungsi menguji sebuah kondisi. Jika kondisi ini terpenuhi maka dianggap TRUE.Jika kondisi ini tidak terpenuhi itu dianggap sebagai FALSE.Syntax : =IF(Condition,ActionIfTrue,ActionIfFalse)

LARGE
Fungsi ini berfungsi memeriksa daftar nilai dan mengambil nilai pada posisi pengguna tertentudalam daftar.Syntax : =LARGE(ListOfNumbersToExamine,PositionToPickFrom)

MEDIAN
Fungsi ini berfungsi menemukan nilai median dari sekelompok nilai.Syntax : =MEDIAN(Range1,Range2,Range3... through to Range30)

Itulah sedikit ulasan tentang formula dalam microsoft excel, semoga membantu..


Previous
Next Post »
Thanks for your comment

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER