Peer to Peer Jaringan komputer

Menghubungkan dua komputer secara langsung dan secara bersamaan akan disebut sebagai Peer to Peer jaringan. Dimana satu komputer dapat mengirim data ke komputer dua dan sebaliknya. Kebutuhan untuk membangun jaringan rekan to Peer mulai meningkat. 
Jenis koneksi dalam membangun jaringan dibagi menjadi dua, yaitu Cross dan Straight. Silang digunakan untuk menghubungkan dua perangkat bersama-sama secara langsung. Seperti untuk menghubungkan dua perangkat yang tidak langsung, menggunakan jenis koneksi lurus. Sebagai contoh, kita akan menghubungkan komputer A ke komputer B. Jika kita menghubungkannya secara langsung, harus menggunakan jenis koneksi silang. Namun, jika komputer A dan B terhubung melalui perantara (HUB), jenis sambungan harus lurus.

Jenis koneksi dalam jaringan
Untuk membuat jenis koneksi lintas, alat-alat yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut: 
RJ-45 konektor

RJ-45 konektor

Kabel UTP

Crimping tang

Crimping tang dan konektor RJ-45

Sekarang mari kita mulai bagaimana membuat jenis koneksi silang. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memotong kabel UTP. Perlu diingat, bahwa memotong hanya kulit membungkusnya. Sehingga kabel akan terlihat berwarna-warni, sebesar 8 pin. Dalam rangka untuk menghasilkan potongan yang benar, menggunakan tang crimping.

Bagaimana untuk memotong kabel UTP
Selanjutnya, meluruskan semua yang berjumlah delapan-pin kabel di atas.Aturlah seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Kiri ke konektor RJ-45 yang pertama dan kanan untuk yang kedua.

Konektor pertama (kiri) dan konektor kedua (kanan)
Bila kabel telah dibuat dengan benar, maka kabel input kedelapan ke konektor RJ-45. Masukkan kabel ke konektor RJ-45 dan klip dengan menggunakan tang crimping. Lakukan jalan kembali ke konektor lainnya.Namun, dengan pengaturan yang berbeda dari kabel atau konektor untuk keduanya.

Bagaimana untuk menjepit RJ-45
Langkah awal untuk membuat Palang jenis sambungan telah selesai sampai di sini. Selanjutnya adalah mengkonfigurasi komputer A dan komputer B. Untuk dilanjutkan



Previous
Next Post »
Thanks for your comment

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER