Tentang Perangkat Lunak Jahat

Istilah "perangkat lunak jahat" meliputi semua jenis perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak komputer atau jaringan. Perangkat lunak jahat dapat terpasang di mesin tanpa sepengetahuan Anda, sering kali melalui tautan atau unduhan pengecoh yang tampak sebagai sesuatu yang menarik.
Berpikirlah sebelum mengeklik
Waspadalah terhadap apa yang Anda klik dan unduh.
Mengeklik tautan yang tidak biasa dapat menyebabkan Anda riskan terhadap situs web dan perangkat lunak jahat. Perangkat lunak ini bisa berisi program yang memindai komputer atau melacak tombol yang Anda tekan, termasuk sandi. Unduhlah hanya dari sumber yang tepercaya dan arahkan mouse di atas tautan untuk memeriksa alamatnya sebelum mengeklik. Jika ragu, gunakan bookmark tepercaya untuk situs penting.
Bagaimana perangkat lunak jahat mempengaruhi komputer saya?
Setelah komputer diretas oleh perangkat lunak jahat, penjahat dunia maya dapat mengakses informasi pribadi dengan mencatat tombol yang ditekan atau mengawasi aktivitas komputer Anda. Komputer Anda juga dapat dikontrol untuk mengunjungi situs web atau melakukan tindakan lain tanpa sepengetahuan Anda. Pengaruh perangkat lunak jahat bervariasi, mulai dari gangguan singkat hingga membuat komputer mogok dan pencurian identitas.
Jenis-jenis perangkat lunak jahat meliputi (namun tidak terbatas pada):

  • Virus
  • Worm
  • Spyware
  • Adware
  • Kuda Troya
Bagaimana cara menghapus perangkat lunak jahat dari komputer saya?
Perangkat lunak jahat bisa sangat sulit dihilangkan, dan tidak ada satu program pun yang dapat menjamin untuk mendeteksi dan membersihkan semuanya. Namun, ada banyak jenis program yang dapat membantu. Misalnya. Google Pack menyatukan perangkat lunak yang bermanfaat, termasuk pemindai virus gratis.
Berikut beberapa saran lain, meskipun kami tidak dapat menjamin keefektifannya:
Bagaimana cara menghindari perangkat lunak jahat?
Anda dapat menghindari sebagian besar jenis perangkat lunak jahat dengan mempraktikkan perilaku daring cerdas. Kiat berikut akan membantu Anda mengenali perangkat lunak jahat dan mencegahnya meretas komputer serta akun daring Anda.
Situs web: Waspadalah terhadap situs yang tidak wajar. Jika ragu, tinggalkan situs tersebut dan teliti perangkat lunak yang meminta Anda memasangnya.
Email: Jangan percaya apa pun yang terlihat mencurigakan di dalam email. Bahkan email dari orang yang Anda kenal pun dapat berisi tautan atau lampiran perangkat lunak jahat jika akun mereka diretas. Waspadalah saat mengikuti tautan apa pun yang Anda terima dalam sebuah email. Jika mungkin, kunjungi situs web dengan memasukkan alamat tersebut di peramban Anda secara langsung.
Perangkat lunak lainnya: Beberapa program memasukkan perangkat lunak jahat atau perangkat lunak internet pengecoh lainnya sebagai bagian dari proses pemasangannya. Saat memasang perangkat lunak, perhatikan kotak pesan dan pindai kalimat berhuruf kecil. Kenali bagian-bagian perangkat lunak yang Anda pasang di komputer. Batalkan pemasangan jika Anda yakin perangkat lunak tersebut berbahaya.
Media fisik: Teman, keluarga, atau rekan kerja mungkin memberikan diska atau flash drive yang berisi berkas yang terinfeksi. Ini bisa terjadi tanpa sepengetahuan mereka. Jangan menganggap berkas ini aman. Pindai berkas dengan perangkat lunak keamanan sebelum membukanya.
Jendela munculan: Jangan mempercayai jendela munculan yang meminta Anda mengunduh perangkat lunak. Sering kali jendela munculan ini membuat Anda yakin bahwa komputer telah terinfeksi dan meminta Anda mengunduh perangkat lunak agar tetap aman. Segera tutup jendela, namun pastikan bahwa Anda tidak mengeklik di dalam jendela munculan.
Berbagi berkas: Kebanyakan situs seperti ini ilegal dan harus dihindari. Sedikit sekali kebijakan untuk perangkat lunak jahat pada jenis layanan ini. Perangkat lunak jahat dapat disamarkan sebagai film, album, atau pun program populer. Anda sebaiknya selalu menghindari perangkat lunak dan situs berbagi berkas ilegal.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER